[FPMIPA Bersuara : Arti Kemerdekaan dalam Pendidikan]




Indonesia boleh saja Merdeka dari tangan pembelenggu kebebasan, namun Indonesia masih merintis untuk merasakan Kebebasan di semua aspek kehidupannya. Untuk mencapai puncak dari sebuah kemerdekaan maka aspek terpenting dalam membangunnya adalah pendidikan. Pendidikan merupakan sebuah tonggak bagi para pejuang bangsa untuk memaksimalkan sebuah kemerdekaan dan alat untuk memaknai apa itu kemerdekaan. "ketika Hiroshima dan Nagasaki di bom oleh Amerika, Dinasti Jepang langsung bertanya berapa jumlah guru yang tersisa, menunjukkan bahwa mereka peduli dan bergantung pada guru-guru disana. Namun, bagaimana kabar guru di Indonesia sekarang ini ?"
-Iqbal Ibnu Fakhri, Ketua BEM HMK FPMIPA UPI "Bangsa Indonesia sedang krisis budaya literasi, budaya membaca yang kurang, membuat pendidikan dan bangsa pun melemah"
-Ali Hasan Ash Shiddiq, Ketua KEMAKOM FPMIPA UPI

Lantas, bagaimanakah pendidikan di Indonesia sekarang ini?
Sudah 'kah Pendidikan di Indonesia dikatakan Merdeka? "Pada hakikatnya pendidikan itu berhak didapatkan oleh siapa saja, jadi tidak pantas apa bila ada yang ingin mendapat ilmu tapi harus membayar"
-Muhammad Rafi Firdaus, Ketua HMBF FPMIPA UPI "ketika biaya pendidikan dibebaskan, para pelajar masih membutuhkan tunjangan lainnya"
-Fitri Rokhmatillah, Sekretaris Umum BEM HIU FPMIPA UPI

Kini, saatnya Mahasiswa yang bergerak memulai perubahan!! "Mari ubah sistem pendidikan di dalam bangsa ini supaya Indonesia menjadi negara yang maju, negara yang merdeka, merdeka dalam pendidikan"
-Hengky Kusniar, Chief of Executive Board SA-IPSE FPMIPA UPI "Karena tugas mahasiswalah pendidikan akan berjalan lancar dan berjalan semestinya. Jika tidak ada peran dari mahasiswa maka pendidikan tidak akan maju dan merdeka"
-Tarizman Tasya, Ketua HMF FPMIPA UPI


Produser :
Yolanda Febrianti (SOSPOL HMF FPMIPA UPI)
Videografer :
Silvanti Fitria Anggraeni (KOMINFO HMF FPMIPA UPI)
Editor :
Ishmael Yudhistira (KOMINFO HMF FPMIPA UPI)

Hidup Mahasiswa!!!
Hidup Pendidikan Indonesia!!!
Hidup Rakyat Indonesia!!!

2 komentar: